-->

Majalengka17

Sukseskan Pileg dan Pilpres 2019, Bawaslu Jawa Barat Gandeng Pramuka

Sukseskan Pileg dan Pilpres 2019, Bawaslu Jawa Barat Gandeng Pramuka
MAJALENGKA, (JM) Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Barat menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu melalui pembentukan rintisan Saka Adhyasta Pemilu. Kegiatan ini diikuti sebanyak 135 peserta perwakilan dari unsur Bawaslu dan Kwarcab se-Jawa Barat bertempat di gedung Yudha Abdi Negara, Kabupaten Majalengka, Sabtu (8/9/2018).
 Ketua Bawaslu Jawa Barat, Drs. H. Wasikin Marzuki mengatakan, dalam kegiatan ini pun sekaligus mengukuhkan dan penandatanganan berita acara secara simbolis terhadap 37 rintisan Saka Adhyasta se-Jawa Barat.
Upaya melibatkan Pramuka ini sebagai penerapan program kelanjutan merujuk dari keberhasilan terdahulu pada pemilihan umum kepala daerah serentak tahun 2015 sehingga menjadi percontohan pertama kali di Indonesia.
Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang duduk dan dalam ruangan
Ia menilai, pembentukan Saka Adhyasta Pemilu dalam menyongsong Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 merupakan bagian tonggak penting keikutsertaan gerakan Pramuka dalam menegakkan penyelenggaraan demokrasi Indonesia.
"Pembentukan Saka Adhyasta berperan membantu Bawaslu dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu agar berjalan bebas dan adil dengan melaporkan dugaan pelanggaran Pemilu kepada pengawas Pemilu," terangnya.
Lebih dari itu pula diharapkan menjadi pelopor dan inspirator bagi pemuda-pemudi bangsa untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu, imbuhnya.
"Sasaran pembentukan Saka Adhyasta adalah memperluas pengawasan Pemilu ke pemilih pemula, mewujudkan calon aparatur pengawas dan menciptakan aktor pengawas Pemilu," ucapnya.
Ditambahkan Ketua Harian Kwarda Pramuka Jawa Barat, Baim Setiawan, satuan karya Pramuka ini merupakan wadah kegiatan keadhyastaan (pengawalan) Pemilu untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang pencegahan dan 
pengawasan Pemilu guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pengawasan.

Bentuk kegiatan-kegiatan di dalamnya adalah melakukan peningkatan pengetahuan pengawasan pemilu dalam kegiatan kepramukaan serta meningkatkan keterampilan dalam pengawasan partisipatif dalam kegiatan kepramukaan, pungkasnya.
Usai sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu kepada anggota Pramuka, kemudian pada pukul 17:00 WIB dilanjutkan prosesi pelantikan sekaligus pengukuhan Saka Adhyasta masa bakti 2018-2023 oleh Ketua Kwarda Jawa Barat, Dede Yusuf M Effendi. (hen)

Sumber : Jaja Sumarja

0 Response to "Sukseskan Pileg dan Pilpres 2019, Bawaslu Jawa Barat Gandeng Pramuka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel